Profesi Akuntansi: Mengenal Macam-macam Profesi di Bidang Akuntansi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kebutuhan manusia di zaman sekarang ini berbeda dengan kebutuhan manusia pada 100 tahun yang lalu. Semakin lama kebutuhan manusia semakin meningkat, selaras dengan perkembangan zaman yang terus maju. Misalnya saja dalam bidang teknologi, dahulu tidak ada yang namanya smartphone. Dahulu orang berkomunikasi menggunakan surat ataupun telegram, berbeda dengan saat ini dengan adanya smartphone kita membutuhkan pulsa, internet dan lain sebagainya sehingga kebutuhan kita pun berbeda dengan kebutuhan orang dahulu, kebutuhan di zaman ini lebih kompleks sesuai dengan teknologi yang sudah maju tersebut. Maka dari itu dunia bisnis terus mengalami perkembangan yang demikian pesat, baik dari sisi jumlah, ukuran, maupun kompleksitasnya. Perusahaan di dunia terus melakukan inovasi, mereka berlomba – lomba menciptakan produk yang baik yang dapat menarik dan memuaskan kebutuhan masyarakat/konsumen. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik, yakni memperoleh keuntungan (laba).

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perusahaan membutuhkan aset seperti gedung kantor, kendaraan, pabrik serta peralatan lainnya yang digunakan untuk mendukung operasional perusahaan. Untuk memperoleh semua asset tersebut perusahaan memerlukan modal yang besar, bisa berasal dari dalam/intern (modal Pemilik) dan dari pihak luar/ekstern (kreditur). Aktivitas keuangan perusahaan yang begitu kompleks membutuhkan penanganan khusus agar asset yang dimiliki dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga operasional perusahaan dapat berjalan secara efisien dan efektif.

Pada kondisi ini ilmu akuntansi berperan penting dalam menyediakan informasi yang diperlukan untuk sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi oleh manajemen maupun pemilik perusahaan/entitas. Perkembangan dunia bisnis dari waktu ke waktu yang semakin pesat ini mengakibatkan profesi akuntansi juga semakin berkembang. Hal ini menarik minat banyak orang untuk meniti karir di bidang akuntansi. Lalu apa saja profesi-profesi tersebut?, yang mungkin kalian sudah mulai tertarik untuk ikut meniti karir di bidang akuntansi ?.

1. Akuntan Internal

Akuntan internal, dikenal juga sebagai akuntan manajemen atau akuntan perusahaan, bekerja sebagai pegawai perusahaan yang bertugas mencatat setiap transaksi keuangan sampai pada penyusunan laporan keuangan.

2. Akuntan Publik

Akuntan publik (Auditor Independen) merupakan profesi yang telah mendapatkan izin untuk memberikan jasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. salah satu jasanya adalah jas audit laporan keuangan. apa itu?, akuntan publik (auditor independen) memeriksa laporan keuangan auditee (perusahaan), apakah laporan keuangan tersebut sudah dibuat secara wajar ataupun benar berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum. output dari hasil pemeriksaan auditor independen adalah laporan keuangan setelah audit dan opini auditor terhadap laporan keuangan tersebut, apakah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian(WDP), Tidak wajar, atau Tidak Menyatakan Pendapat. Keberadaan profesi ini diatur melalui perarturan/ketentuan dari pemerintah serta standar dan kode etik profesi yang ditetapkan oleh organisasi profesi.

3. Auditor Internal

Auditor Internal berbeda dengan Auditor Independen, auditor independen merupakan pihak ke-3 atau pihak yang tidak terikat sama sekali dengan organisasi yang diaudit, sedangkan auditor internal adalah bagian penilai independen yang didirikan di dalam suatu organisasi untuk memeriksa dan mengevaluasi kegiatan organisasi secara menyeluruh yang bertujuan membantu dan memperbaiki kinerja semua tingkatan manajemen dalam melaksanakan tanggung jawab secara efektif.

4. Akuntan Pemerintah

Akuntan Pemerintah adalah akuntan profesional yang bekerja di instansi pemerintah yang bertugas melakukan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit-unit dalam organisasi pemerintahan atau pertanggungjawaban yang ditujukan kepada pemerintah.

5. Konsultan Pajak

Konsutan Pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak OP (Orang Pribadi) maupun Badan dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

6. Akuntan Pendidik

Akuntan Pendidik adalah profesi akuntansi yang memberikan jasanya pada pelayanan pendidikan akuntansi kepada masyarakat melalui lembaga – lembaga pendidikan yang ada untuk menciptakan akuntan-akuntan muda yang terampil, baik hati, rajin menabung, gembira, dan bersahaja. :’v ( canda yah :’v)

 

Postingan lianya

Pengertian Akuntansi Secara Lengkap dan Mendalam

Sejarah dan Pengertian AkuntansiAkuntansi adalah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. Untuk praktisi dalam

Berlangganan